Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

HomeOtomotif

Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

3 Mobil Bekas Toyota Terbaik 2021 Harga 200 jutaan
5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Ditinggal di Rumah Saat Liburan
Persiapkan Mobil Anda untuk Hadapi Musim Hujan

Membeli mobil bekas merupakan salah satu alternatif bisa memiliki kendaraan dengan budget terbatas. Saat ini, pasokan mobil bekas sangat besar mengingat banyak pemilik mobil yang hendak menjual mobil mereka. Artinya, Anda yang ingin beli mobil bekas, punya banyak pilihan, apakah mau membelinya dari dealer resmi, dealer mobil bekas, atau langsung dari pembeli. 

Namun, ketika memutuskan mau membeli mobil, Anda perlu tahu dulu tips membeli mobil bekas yang berkualitas. Tujuannya, agar Anda tidak kehilangan uang lebih banyak untuk mobil yang dibeli. Jangan sampai setelah beli mobil, Anda terpaksa mengeluarkan lebih banyak biaya lagi untuk perbaikan. 

Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Hal pertama, Anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin mengenai tips membeli mobil bekas berkualitas. Mencari informasi di sini, bisa Anda lakukan baik secara offline maupun online

Berdiskusilah dengan mekanik atau teman yang pernah membeli mobil bekas, dan cari tahu apa saja yang harus diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas.

2. Sesuaikan dengan Dana yang Tersedia

Anda perlu mengetahui berapa dana yang Anda miliki terlebih dahulu. Nanti setelahnya, baru Anda sesuaikan dana yang tersedia ini dengan jenis mobil bekas yang mau Anda beli. Perhitungkan pula ketersediaan dana cadangan untuk melakukan perbaikan minor pada mobil setelah dibeli, misalnya untuk ganti ban, variasi, perawatan harian, pajak, dan sebagainya. 

Pada tahap ini, Anda juga harus memperhitungkan dengan baik, apakah akan membeli secara kredit atau tunai. Lihat pula catatan keuangan agar keinginan beli mobil ini tak menghabiskan seluruh tabungan yang Anda miliki. Jika membeli kredit, pasti ada selisih harga karena beban bunga. Sementara, kalau membeli tunai maka sejumlah uang yang Anda sediakan itulah yang nantinya habis untuk membeli mobil bekas. 

3. Pilih Dealer atau Showroom Terpercaya

Saat ingin membeli mobil bekas, hal pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke showroom atau dealer terpercaya dan punya track record yang bagus, terutama khusus yang biasa jual mobil bekas Jakarta terpercaya. 

Selain itu, showroom sebaiknya yang memiliki banyak stok mobil. Karena banyaknya pasokan mobil, tentunya akan banyak pilihan bagi Anda sebagai calon pembeli.

Setibanya di sana, Anda harus aktif bertanya sebanyak mungkin mengenai mobil yang ingin Anda beli. Pahami juga informasi terkait latar belakang mobil tersebut. Misalnya, seperti waktu pembelian pertama, rute terpanjang yang pernah ditempuh, keteraturan dalam melakukan servis. 

Selain itu, cari tahu juga, apakah ada riwayat kecelakaan, dan mengapa pemiliknya menjual mobil tersebut. Setelah mendapatkan jawaban, Anda perlu melakukan check pula terhadap kondisi mobil, body, kabin, dan sebagainya. Kemudian Anda bisa mengecek mobil setelah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

4. Ajak Teman atau Saudara yang Paham Mesin Mobil

Jika Anda baru pertama kali membeli mobil bekas, alangkah baiknya kalau mengajak seseorang, entah teman atau saudara yang paham mesin. 

Ini karena Anda perlu mengetahui kondisi mesin mobil yang hendak dibeli. Jadi, ketika melakukan pemeriksaan terhadap kondisi mesin, Anda bisa langsung mendapatkan kepastian, apakah mesin mobil dalam kondisi bagus atau tidak.

5. Periksa dengan Teliti Kelengkapan Dokumen Mobil

Setelah pemeriksaan fisik dan pemeriksaan mesin mobil yang ingin dibeli, Anda juga perlu memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan, seperti STNK, BPKB, dan faktur pembelian, juga masa berlaku dokumen. 

Jangan lupa, cocokkan nomor rangka, nomor mesin, dan nomor plat yang tertulis di dokumen dengan di mobil. Anda bisa mengunjungi samsat online, untuk memeriksa dokumen-dokumen tersebut untuk memastikan dokumennya sah dan bukan hasil manipulasi.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0