Persiapkan Mobil Anda untuk Hadapi Musim Hujan

HomeOtomotif

Persiapkan Mobil Anda untuk Hadapi Musim Hujan

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Ditinggal di Rumah Saat Liburan
Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

Memasuki bulan September hingga Desember, biasanya di Indonesia masuk musim penghujan. Saat masuk musim penghujan, tentunya Anda perlu melakukan pemeriksaan dan persiapan lebih pada mobil Anda agar acara mengemudi bisa berjalan lancar dan meminimalkan resiko. Inilah persiapan yang perlu Anda lakukan pada mobil demi menghadapi musim hujan. 

Periksa dan Siapkan Mobil untuk Menghadapi Musim Penghujan

Dalam hubungannya dengan mengemudi, persiapan menghadapi musim penghujan bukan hanya bawa payung di dalam mobil, apalagi sampai menyediakan jas hujan. Namun, persiapan yang perlu dilakukan tentu saja terkait “sehat” tidaknya mobil Anda, mulai dari mesin, ban, hingga berbagai perangkat pendukung lainnya. 

Hal ini berhubungan dengan resiko yang mungkin terjadi, mengingat mengendarai mobil saat jalan kering dan jalan basah saja sudah berbeda, begitu pun melakukan perjalanan dengan mobil di musim penghujan dan musim kemarau. 

  • Pastikan Wiper Berfungsi dengan Baik

Ini adalah perangkat khusus di mobil yang harus periksa dan dipastikan bisa bekerja dengan baik. Wiper berguna untuk membersihkan kaca dan menyapu air dari kaca mobil supaya visibility sopir tetap terjaga selama berkendara. Karena itu, pengujian kinerja wiper jadi hal yang harus dipastikan baik sebelum masuk musim penghujan.

Periksa pula keadaan karet wiper. Apabila keadaan karet wiper telah keras, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru supaya wiper bisa membersihkan kaca mobil secara baik dan membuat penglihatan Anda tidak terganggu, terutama saat berkendara saat hujan deras atau dalam suasana yang berkabut. Selain itu, periksa pula tabung air wiper dan nosel penyemprot. Yakinkan keadaan semuanya bersih supaya air yang disemprot tidak kotor. 

Biasanya, wiper mobil bisa bekerja dalam 3 model kecepatan: intermittent, lo dan hi. Pakai model intermittent dalam keadaan hujan rintik atau gerimis. Jika keadaan hujan cukup deras pakai model lo. Model hi hanya digunakan dalam keadaan hujan benar-benar deras dan Anda berada dalam kecepatan tinggi.

  • Periksa dan Pastikan Ban Mobil Dalam Keadaan Bagus

Ban adalah salah satu elemen mobil yang berhubungan langsung dengan jalanan. Oleh karenanya, keadaan ban harus dalam kondisi yang bagus, terutama saat musim penghujan. Tujuannya, agar Anda menjadi lebih aman saat berkendara dan mobil tidak mudah selip ketika melaju dalam kondisi jalan yang basah. 

Periksa juga bagian jalur-jalur pada ban. Jika permukaan dan jalur ban telah gundul dan licin, alangkah baiknya kalau Anda mengganti ban saja dengan yang baru. Selain itu, pastikan jumlah angin di dalam ban dalam keadaan cukup atau ban tidak kekurangan angin. 

  • Rem Bekerja Baik

Rem menjadi bagian yang paling krusial untuk memastikan keamanan Anda dalam mengendarai mobil. Jadi, pastikan rem mobil bisa bekerja dengan baik. Melakukan perawatan dan servis rem juga penting dilakukan secara rutin, termasuk saat memasuki musim penghujan. Jangan lupa, lakukan pemeriksaan terhadap keadaan kampas rem. Jika sudah aus, wajib diganti, tetapi kalau masih bagus, boleh ditunda sampai jadwal servis berikutnya. Anda juga perlu meminta teknisi memeriksa volume minyak rem pada reservoir tank dan yakinkan tidak ada kebocoran. Pengujian ketebalan kampas rem bisa dikerjakan dengan cara-cara. Pertama, bila terdengar bunyi decitan dari sisi rem, kemungkinan kampas rem mobil Anda telah tipis dan mengakibatkan bunyi gesekan di antara dua logam.

  • Check Kelistrikan dan Lampu Mobil

Lampu berperan penting saat melakukan perjalanan malam atau ketika hujan lebat karena akan membantu penglihatan Anda saat mengemudi. Oleh karena itu, pastikan semua lampu mobil, baik depan atau belakang berada dalam keadaan baik dan bisa menyala. Lampu juga akan menjaga keselamatan Anda karena jadi penanda bagi pengendara lain ketika berpapasan dengan mobil Anda. 

Selain lampu mobil yang harus menyala, pastikan juga kelistrikan di dalam mobil bisa bekerja dengan baik, mulai dari mtr. klaster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, lampu senja, dan yang lain. Kabel kelistrikan pada mobil pastikan keadaan kabelnya baik dan tidak terbuka atau mengelupas. Kabel yang terkelupas dan tidak segera diperbaiki bisa menyebabkan konslet pada mobil.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0