Tips Mencari Influencer yang Tepat untuk Diajak Kerja Sama

HomeBisnis

Tips Mencari Influencer yang Tepat untuk Diajak Kerja Sama

Tips Memulai Bisnis Laundry Modal Kecil
Cara Repost Postingan di Instagram Paling Mudah
Ciri Tempat Pinjaman untuk Modal Usaha yang Aman dan Terpercaya

Sekarang sudah banyak marketer yang memilih menggunakan jasa influencer. Bahkan ada yang menggunakan lebih dari satu influencer. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin penasaran, kenapa pesaing Anda lebih memilih menggunakan jasa influencer? Apa efek yang bisa didapat dengan mempromosikan bisnis menggunakan influencer?

Melakukan strategi marketing dengan mengajak influencer memang jadi salah satu cara paling banyak dilakukan. Biasanya kerja sama yang dilakukan bersama influencer bertujuan untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk. Dengan begitu, brand bisa dengan mudah menawarkan produk mereka dan meningkatkan penjualan.

Brand lebih suka menggunakan jasa influencer untuk beberapa keperluan marketing. Salah satunya untuk mengenalkan produk mereka, apalagi untuk produk baru yang belum banyak diketahui oleh audiens mereka. Dengan pengaruh dan kedekatannya dengan para followers, seorang influencer bisa menjadi jembatan untuk mengenalkan sebuah produk ke para pengikutnya. Dengan pengaruh tersebut, informasi yang disampaikan berdasarkan pendapat pribadi para influencer bisa membantu pengikutnya menjadi loyal customer untuk brand Anda.

Cara Menemukan Influencer yang Tepat untuk Bisnis Anda

Meski pengaruh influencer sangat besar, tidak mudah menemukan sosok berpengaruh untuk membantu mempromosikan bisnis Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, contohnya Anda harus bisa menemukan influencer yang memiliki followers sesuai dengan target market Anda.

Ketika Anda mencari seorang influencer untuk kebutuhan marketing bisnis Anda, setidaknya ada tiga hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

Bagaimana Menemukan Influencer yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Target audiens adalah salah satu poin terpenting dalam kesuksesan sebuah strategi marketing, dan pada titik inilah brand seringkali mengambil langkah yang kurang tepat. Terkadang brand bisa salah memastikan bahwa audiens mereka ada di antara pengikut seorang influencer yang akan diajak kerja sama. 

Jika Anda tidak ingin melakukan kesalahan yang sama, pastikan bahwa pengikut dari influencer tersebut sesuai dengan target pasar Anda. Contohnya, jika brand Anda fokus pada produk mom and kids, tentunya Anda harus memilih influencer yang sebagian besar pengikutnya adalah ibu muda. Bisa saja ia adalah seorang pakar pendidikan anak, ibu muda inspiratif atau selebriti yang mayoritas postingannya mengenai tumbuh kembang anak.

Setelah itu, Anda perlu tahu hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih influencer untuk digital campaign, seperti mengenali influencer pilihan Anda dengan mendapatkan berbagai data yang diperlukan. Apakah sesuai dengan target pasar Anda? Anda juga bisa mengumpulkan informasi lain seperti niche akunnya, reach dan engagement yang didapat, keaslian pengikut dan hal kecil seperti kepribadian dari influencer itu pun harus menjadi perhatian Anda.

Di Mana Anda Bisa Menemukan Influencer Tersebut?

Teknik marketing menggunakan jasa influencer tidak harus selalu seorang selebritas atau yang disebut juga sebagai macro influencer, sebab influencer dengan kategori micro influencer pun bisa memberikan hasil yang positif untuk brand Anda. Bagaimana cara menemukannya? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan influencer yang sesuai dengan keinginan Anda.

  • Gunakan hashtag. Mudah sekali menemukan orang yang sesuai dengan minat kita lewat hashtag, begitupun ketika mencari influencer. Anda bisa gunakan hashtag seperti #sponsored untuk menemukan influencer yang sesuai kriteria Anda.
  • Mention atau tag brand. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengetahui orang-orang yang melakukan tag atau mention nama brand Anda di media sosial. Ada beberapa tools yang bisa diandalkan, seperti Mention atau Simply Measured yang bisa digunakan untuk mengecek seberapa banyak mention untuk akun brand Anda.
  • Bekerja sama dengan best digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam menjalin kerja sama dengan para influencer untuk mengadakan social media campaign yang tepat sasaran. Dengan cara ini, Anda sebagai brand tidak perlu repot dan lebih mudah untuk memilih yang sesuai dengan keinginan, termasuk dalam hal mencapai target campaign yang ditetapkan. 

Bagaimana Cara Menjalin Kerja Sama dengan Influencer yang Anda Temukan?

Setelah Anda menemukan orang yang tepat, sekarang saatnya untuk menjalin kerja sama dengan orang tersebut. Pertama-tama, gunakan sapaan yang hangat untuk memulai perkenalan. Pastikan Anda juga mengapresiasi hasil kerjanya di media sosial untuk menunjukkan ketertarikan. Setelah mendapatkan balasan, Anda bisa mulai menjelaskan tentang kerja sama yang akan dilakukan.

Dalam penawaran kerja sama, pastikan melakukan perkenalan dengan baik, seperti menjelaskan siapa Anda dan bagaimana cara Anda menemukan mereka, mengapa Anda menghubungi mereka, apa yang akan Anda tawarkan untuk timbal balik atas pekerjaan yang dilakukan, bagaimana Anda dan influencer tersebut bisa berkomunikasi lebih lengkap mengenai kerja sama ini dan berbagai informasi lain yang dirasa penting untuk disampaikan.

Itu semua penting dilakukan, sebab influencer yang Anda hubungi bisa saja mendapatkan banyak penawaran kerja sama, kemungkinan besar pesan Anda terlewat dan luput dari perhatiannya. Cobalah untuk menunggu selama beberapa hari, bila belum ada balasan, Anda bisa mengirimkan email kembali. Apabila masih belum ada balasan, maka Anda bisa mencari influencer lain yang memiliki kriteria sama dengan yang Anda cari.

Kesimpulannya, seorang influencer yang tepat akan membawa campaign marketing Anda menjadi sukses. Bisnis Anda bukan hanya mendapatkan awareness dari lebih banyak orang, namun juga akan mengalami peningkatan penjualan dan keuntungan jangka panjang selama influencer yang Anda pilih masih memasang konten kerja sama di akun mereka.

Oleh sebab itu, pastikan Anda berfokus untuk membangun hubungan jangka panjang dengan para influencer, sehingga mereka tak akan keberatan untuk melakukan promosi lebih untuk kerja sama dengan Anda. Supaya lebih adil, Anda juga bisa mengenalkan mereka ke jaringan bisnis yang Anda miliki, juga stay in touch sekalipun tidak sedang dalam kerja sama.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0