5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Ditinggal di Rumah Saat Liburan

HomeOtomotif

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Ditinggal di Rumah Saat Liburan

3 Mobil Bekas Toyota Terbaik 2021 Harga 200 jutaan
Persiapkan Mobil Anda untuk Hadapi Musim Hujan
Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

Pergi berlibur dalam waktu yang lebih dari seminggu dan dengan destinasi wisata yang berada di luar pulau, tentu lebih nyaman dengan naik pesawat. Otomatis, mobil pun ditinggal di rumah dalam waktu yang lama tanpa ada yang mengurus. Agar performa mobil tetap terjaga meski ditinggal liburan, maka berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan. 

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Ditinggal di Rumah Saat Liburan

  • Jangan Aktifkan Rem Tangan dan Ganjal Ban dengan Batu atau Kayu Saja

Saat mobil terpaksa ditinggalkan dalam waktu yang lumayan lama di dalam garasi, jangan aktifkan rem tangan atau hand brake. Alasannya, rem tangan kalau diaktifkan sepanjang beberapa hari secara terus menerus bisa terserang udara lembab dan dapat menyebabkan rem jadi lekat. Akibatnya, rem jadi macet dan akan susah kalau nanti mau digunakan kembali. Selain itu, hand brake yang diaktifkan dalam waktu lama akan berpengaruh pada kinerja rem tromol (drum brake) ataupun piston pada rem cakram (disc brake) belakang. Daripada menggunakan hand rem, lebih baik gunakan batu atau kayu untuk mengganjal bagian ban jika takut mobil bergerak sendiri.

  • Transmisi Berada pada Posisi Netral

Upayakan transmisi berada pada status netral untuk mobil manual. Sementara untuk mobil matic, gunakan fitur shift lock untuk mengalihkan status transmisi dari P ke N. Tujuannya, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan ketika Anda sedang tidak di rumah. 

  • Tangki Bahan Bakar Dalam Keadaan Penuh

Tangki bahan bakar seharusnya ada pada kondisi penuh sebelum mobil Anda tinggalkan di rumah selama pergi liburan atau mudik. Ini untuk meminimalkan terjadinya kondensasi karena ada ruangan udara dalam tangki akibat ruang kosong yang terjadi karena bahan bakar kurang. Kondensasi dapat mengakibatkan timbulnya bulir air yang berpotensi mengkontaminasi ruang bakar atau memunculkan oksidasi pada tangki bahan bakar yang biasanya terbuat dari bahan metal.

  • Titipkan Kunci Pada Tetangga Terdekat

Bagian ini sebenarnya penting tak penting. Tetapi, apa pun bisa terjadi ketika Anda sedang tak di rumah, seperti terjadi banjir, kebakaran, dan lain sebagainya. Untuk itu, menitipkan kunci mobil di tetangga terdekat bisa dilakukan. Mereka bisa membantu Anda untuk menyelamatkan mobil atau rumah, jika Anda menitipkan kunci kepada tetangga yang bisa dipercaya ini. 

  • Pasang Alarm

Mobil Anda selama ditinggal di rumah, alangkah baiknya jika dipasangi alarm. Dengan memasang alarm, maka Anda bisa memberi perlindungan tambahan bagi mobil Anda selama Anda tidak di rumah. Memang, pada setiap mobil, terutama mobil keluaran terbaru, sudah dilengkapi dengan kunci pintu kualitas terbaik, steering lock, kunci ignition, namun tidak ada salahnya Anda menambahkan alarm sebagai tambahan. Anda bisa juga memasang piranti pencari, seperti GPS Tracker untuk mengenali status dan keadaan mobil dari jauh. Hingga di mana saja Anda ada, Anda masih dapat pastikan posisi mobil Anda.

Terakhir, Anda bisa memasang penutup pada mobil Anda untuk mencegah debu dan kotor selama Anda tinggal. Jadi, saat Anda kembali, mobil tetap terjaga dengan baik dan bisa langsung Anda gunakan jika dibutuhkan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0