Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

HomeBisnis

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Tips Memulai Bisnis Laundry Modal Kecil
Ribet Urus Karyawan? Gunakan HRD Software dari LinovHR!
Ciri Tempat Pinjaman untuk Modal Usaha yang Aman dan Terpercaya

Secara umum digital marketing didefinisikan sebagai pendekatan pemasaran yang mengandalkan internet untuk terhubung dengan audiens target melalui berbagai saluran dan platform media digital. Adapun pengertian digital marketing menurut para ahli yang dapat menambah referensi Anda.

Macam-macam pengertian digital marketing

Berikut pengertian digital marketing yang bisa membantu Anda untuk lebih mendalami dunia online marketing

  • Menurut Urban (2004)

Urban mendefinisikan bahwa digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. 

Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Beberapa orang menyatakan bahwa pendapat seperti interactive marketing, one-to-one marketing dan e-marketing erat kaitannya dengan digital marketing. 

  • Menurut Coviello, Milley dan Marcolin (2001)

Mereka mendefinisikan digital marketing sebagai penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi. Mereka juga berpendapat bahwa e-marketing merupakan bagian dari e-commerce. 

  • Menurut Kleindl dan Burrow (2005) 

Digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan ide, harga, promosi,serta distribusi. Secara sederhana, marketing adalah pembangunan dan pemeliharaan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

  • Menurut Heidrick & Struggless (2009)

Pesatnya perkembangan digital marketing melalui situs web, handphone, dan perangkat permainan, menawarkan akses baru periklanan yang tidak dilebih-lebihkan dan sangat berpengaruh kepada bisnis para pengguna digital marketing. 

  • Menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. 

Manfaat digital marketing untuk bisnis

Selain memahami tentang pengertian digital marketing, Anda juga perlu mengetahui 3 manfaat utama menggunakan pemasaran digital untuk pertumbuhan bisnis:

  • Dapat Diukur

Ketika Anda meluncurkan kampanye pemasaran melalui cara tradisional, tidak mungkin untuk mengukur dampaknya kecuali jika Anda memberikan semacam kode kupon, yang akan tercermin dalam angka penjualan. Di sisi lain, pilihan digital marketing akan memberikan Anda manfaat yaitu akan mendapatkan kemampuan analisis yang canggih.

Anda dapat mengukur dampak melalui tayangan, klik, lalu lintas, dan penjualan. Bergantung pada model atribusi yang telah Anda terapkan, Anda juga dapat memahami bagaimana setiap titik kontak berkontribusi terhadap penjualan. Pengukuran ini memungkinkan pemasar untuk memahami apa yang berfungsi dan memperbaiki apa yang tidak berfungsi.

  • Penargetan yang Canggih

Media tradisional mengikuti pendekatan secara homogen, di mana setiap orang mendapatkan pesan yang sama. Jalur pemasaran modern memungkinkan Anda mengubah pesan tergantung pada kepribadian audiens. Digital marketing memungkinkan Anda menargetkan pembeli ideal Anda dengan tepat. Selain itu, metode pemasaran ini juga memungkinkan pembeli ideal Anda menemukan Anda. Melalui upaya pemasaran konten dan SEO, calon pelanggan akan memasukkan kueri di mesin pencari untuk menemukan Anda.

Dengan iklan digital, Anda dapat menargetkan pengguna berdasarkan jenis kelamin, kelompok usia, minat, pendidikan, lokasi, psikografis, dan lain-lain. Anda dapat membidik sebanyak yang Anda inginkan, atau Anda dapat membuatnya beragam dan menargetkan kelompok yang lebih besar tergantung pada Anda tujuan.

  • Lebih Fleksibel

Tidak ada kesempatan untuk koreksi khusus ketika menggunakan pemasaran secara tradisional. Setelah iklan Anda dicetak di surat kabar, iklan itu keluar. Dengan digital marketing, Anda dapat mengubah hal-hal yang sekiranya perlu dikoreksi dengan cepat.

Dengan digital marketing, jika Anda tidak melihat hasil reaksi oleh audiens setelah memasang suatu iklan, Anda dapat mengubah atau mengalokasikan kembali anggaran sesuai dengan apa yang terjadi pada saat itu. Fleksibilitas ini memastikan bahwa upaya digital marketing Anda selalu dikelola secara efisien.

Pengertian digital marketing mudah untuk dipahami. Poin yang harus diperhatikan adalah segera gunakan metode digital marketing agar Anda dapat merasakan manfaatnya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0