Cegah Bau Mulut dengan Cara Ini!

HomeKesehatan

Cegah Bau Mulut dengan Cara Ini!

Mengenal Corona Virus dan Gejalanya
Cara Mencegah Kolesterol Sejak Dini
Cara Inovatif Membuat Resep Bekal Sekolah untuk Anak

Bau mulut masih menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan orang dan membuat kepercayaan diri pun jadi berkurang. Memang hal ini tak bisa dipungkiri, karena bau mulut membuat diri sendiri merasa tak nyaman, dan juga mengganggu orang lain di sekitar kita. Coba bayangkan saja, apa rasanya sedang berbicara dengan seseorang yang mulutnya menguarkan bau tak sedap? Pasti kita akan sangat terganggu, kan? Begitu pula sebaliknya, orang akan menjadi tak nyaman berbicara dengan kita kalau mulut kita bau. Apa sebenarnya penyebab bau mulut? Bagaimana cara mengatasi bau mulut? Yuk, cegah bau mulut dengan cara ini!

Cara Cegah Bau Mulut

Halitosis atau bau mulut yang dalam kondisi parah biasanya baunya terus-menerus, bahkan saat kita sudah makan permen, obat kumur, atau sikat gigi, tidak dapat menghilangkan bau tersebut. Bau mulut ini berbeda dengan bau mulut saat kita bangun tidur atau setelah kita makan petai atau jengkol.

Bau mulut memang bukan suatu penyakit, tetapi tetap ada penyebabnya. Dan penyebab terjadinya bau mulut inilah yang harus dicari, seperti kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga dengan baik, karena suatu penyakit atau obat-obatan, kelainan yang terjadi pada gigi atau mulut yang harus mendapatkan penanganan medis, dan sebagainya. Setelah tahu penyebabnya, segera atasi penyebab tersebut dengan baik sehingga tidak lagi mengalami bau mulut yang mengganggu. Berikut ini cara cegah bau mulut, antara lain: 

  • Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Makanan tertentu bisa menyebabkan bau mulut, seperti bawang bombay, bawang putih, pete, dan sebagainya. Sebaiknya selesai mengkonsumsi makanan yang bisa memicu bau nafas tak sedap, segera menyikat gigi dengan bersih. Selain itu, untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, biasakan untuk rutin menyikat gigi minimal pagi dan sebelum tidur. Gunakan pula benang gigi untuk memastikan tidak ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. 

Untuk hasil maksimal ketika menyikat gigi, gunakan pasta gigi untuk bau mulut yang mengandung Triple Fresh Formula dengan kombinasi tiga kekuatan yang memberikan nafas segar hingga 12 jam. Mengandung purifying gel yang mampu membantu membersihkan hingga ke bagian mulut yang terdalam, antibacterial mouthwash melawan bakteri hingga 99%, dan natural extract of clove and spearmint membuat mulut terasa bersih dan segar.

  • Bersihkan Karang Gigi

Plak atau karang gigi sering kali juga jadi penyebab timbulnya bau mulut karena di sinilah tempat bersembunyi berbagai jenis kuman dan bakteri dari sisa-sisa makanan yang menumpuk. Ada cukup banyak bahan alami yang bisa membantu kita membersihkan plak atau karang gigi ini, seperti baking soda, kulit jeruk yang digunakan untuk membersihkan gigi, mengunyah wortel, atau berkumur dengan dua sendok teh cuka yang dicampur dengan garam dan  air hangat.

  • Konsumsi Air Putih dalam Jumlah yang Cukup

Mengkonsumsi air putih selain bagus untuk kesehatan tubuh, juga bagus untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Setelah makan dan ketika kita berada di situasi tak memungkinkan untuk menggosok gigi, maka minum air putih bisa membantu membersihkan sisa-sisa makanan di mulut dan di sela-sela gigi. Konsumsi air putih yang cukup juga membantu mencegah terjadinya dehidrasi yang bisa menyebabkan bau mulut pula. 

Jika bau mulut masih terus terjadi dan mengakibat nafas menjadi tak segar, alangkah baiknya segera mengunjungi dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan secara lengkap terkait penyebab bau mulut. Dalam kondisi tertentu, bau mulut bisa menjadi pertanda adanya gangguan suatu penyakit yang membutuhkan penanganan khusus dari tim medis.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1